Saya sedikit bingung dengan warung makan yang satu ini. Orang-orang lebih mengenalnya dengan warung Soto Pak Tembong. Tapi apa hubungan Pak Tembong yang ada di jalan Gedong Kuning ini dengan Pak Tembong yang ada di jalan Hayam Wuruk? hanya Allah yang tau. 😀 Ada beberapa orang menyebutkan bahwa keduanya adalah warung soto yang sama, hanya saja membuka cabang di dua tempat.

SOTO-PAK-TEMBONG-3

Namun ada juga beberapa orang yang menyebutkan bahwa keduanya adalah warung soto yang berbeda namun menggunakan nama yang sama. Kalau eaters ingin mencari fakta yang benar silahkan bertanya langsung kepada si empunya warung, karena kali ini saya hanya ingin berbagi tentang menu makanan yang mereka sajikan.

SOTO-PAK-TEMBONG-5

Warung soto yang kali ini saya kunjungi adalah RM Pak Tembong. Warung Soto dan Bakso yang terletak di jalan Gedong Kuning ini konon kabarnya sudah berdiri sejak lama. Dan bangunan yang saya singgahi kali ini adalah bangunan yang baru. *pantesan ketok apik banget* Selain menu Soto dan Bakso, ternyata warung ini juga menyajikan menu yang lain. Ada ayam bakar, nasi goreng, rawon, bakmi, cap cay juga ada, garang asem, pecel lele dan lainnya. *akeh tenan iki*

SOTO-PAK-TEMBONG-13

Karena hari ini cuaca agak sedikit panas membara saya ingin mencicipi soto dan bakso saja. Konon katanya memang menu inilah yang menjadi primadona di tempat ini. Ternyata di rumah makan ini terdapat dua jenis soto yang bisa kalian pilih. Ada soto ayam dan soto daging sapi. Sayapun memilih Soto Daging sebagai menu santap siang saya yang pertama.

SOTO-PAK-TEMBONG-6

SOTO-PAK-TEMBONG-7

SOTO-PAK-TEMBONG-8

Kuah sotonya cenderung bening. Dan suwiran daging sapinya juga ga tanggung-tanggung nih, banyak benerrrr.. selain nasi juga ada soun *sejenis mie* yang menjadi pelengkap soto daging ini. Rasanya seger.. kuahnya mantab.. *menurut selera saya* Ini adalah salah satu jenis soto yang saya suka dari segi rasa dan penampilan.

SOTO-PAK-TEMBONG-9

SOTO-PAK-TEMBONG-10

SOTO-PAK-TEMBONG-12

Yang membuat saya semakin terbengong-bengong adalah teman makan soto saya. Banyak benerrr inihh.. bisa kalap kalau nurutin perut. Ada Tempe Goreng, Tahu Bacem, Sate Telur, Kepala Ayam Goreng, Perkedel, Sate Usus, Kerupuk juga ada dan lain sebagainya. kalau ini mah namanya kenyang di lauk bukan di sotonya. Tapi buat kalian penggemar soto ini adalah surganya soto *betul ga?*

SOTO-PAK-TEMBONG-14

Lanjut lagi dengan menu saya yang kedua, yaitu Bakso. Satu porsi bakso terdapat tiga bola-bola daging dengan ukuran sedang *cenderung kecil sih sebenernya* dan ditemani dengan mie kuning, sawi serta satu buah pangsit goreng. Rasanya seger nih, tapi kalau menurut saya agak sedikit asin, tapi baksonya enak walau ukurannya terbilang kecil. It’s wort to try..

SOTO-PAK-TEMBONG-11

Sebagai penutup saya memesan segelas Es Jeruk untuk melepas dahaga di siang hari yang panas ini. Sebenerarnya saya masih penasaran.. apa hubungan rumah makan ini dengan warung soto pak tembong yang satu lagi? nanti saya akan coba cari tahu. Tapi sebelum itu jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

[divider ]INFORMATION[/divider]

Location
RM Pak Tembong
Jl. Gedong Kuning 38
Yogyakarta
Telp. 0274 – 451116

Opening Hours
08:00 – 17:00 WIB

Price
Soto Daging (8k)
Bakso (9k)
Es Jeruk (2.5k)
Jeruk Panas (2.5k)
Tempe (1k)
Tahu bacem (2k)

[divider ]MAP[/divider]