Siapa yang doyan dengan sayur? siapa yang doyan sayuran rebus? Ada yang sudah pernah makan Steamboat? iya.. itu.. makanan yang disajikan mentah kemudian kita merebusnya sendiri sesuai dengan tingkat kematangan yang kita inginkan. Biasanya menggunakan semacam pot dari tanah liat dan dibawahnya ada api untuk memanaskan sayuran yang kita rebus. Tapi karena jaman semakin modern dan mudah, makan panci dan kompor kecil diusung langsung di atas meja.

STEAM-BOAT-NGAMPILAN-2

Makanan yang satu ini konon katanya memang agak sedikit mahal, tapi jangan khawatir karena saya menemukan Kedai Steamboat Ngampilan yang pastinya nyaman di kantong eaters semua. Kedai yang berada di daerah ngampilan ini sangat imut sekali, akan susah menemukannya kalau eaters tidak jeli melihatnya. Tapi kalau malam hari kedai ini memanfaatkan selasar sebuah ruko untuk menambah space tempat makan mereka.

STEAM-BOAT-NGAMPILAN-10

STEAM-BOAT-NGAMPILAN-3

Awal perkenalan saya dengan tempat ini karena teman kantor. Teman saya ini bercerita kalau ada warung steamboat yang murah meriah dan rasanya tidak kalah enak dengan hotel bintang lima. Mereka membagi steamboat dan berbagai menu mereka dengan dua pilihan. Ada paket A dan Paket B. Sebenarnya paket A ditujukan untuk personal tapi ternyata juga bisa muat untuk dua perut. Dan paket B merupakan menu yang paling besar porsinya.

STEAM-BOAT-NGAMPILAN-8

Saking banyaknya menu steamboat yang mereka tawarkan saya jadi mumet ini. Untuk mengakomodasi semua menu yang ada, saya memilih Steamboat Special Paket A. Karena menu ini adalah steamboat versi isian lengkap. Dan saya rasa paket A sudah cukup mengisi perut saya yang lapar ini. Oh iya.. saya juga pesan nasi putih paket A yang awalnya saya kira porsinya cukup besar, ternyata hanya semangkuk kecil nasi *mirip kaya orang jepang nih makannya*

STEAM-BOAT-NGAMPILAN-7

Tak berselang lama menu steamboat saya datang juga. Wuihhh asapnyaaaa.. kemebul kalau orang jawa bilang. Benar-benar panas nih panci. Steamboat Special saya disajikan dengan panci kecil yang dibawahnya disumet api dengan bahan kabar spritus. Jangan lupa kalian matikan yah kalau sayuran dan isian lainnya sudah matang *nak ora pingin keslomot drijine* Rasanya segarrrrrr.. kuah kaldunya juga terasa ringan dan mantab.. Enak nih.. benar-benar maknyus pokoke.. Untuk harga yang cukup lumayan murah kalau saya bilang. Kalian bisa mencicipi steamboat yang aduhai rasanya.

STEAM-BOAT-NGAMPILAN-5

Karena di menu saya melihat ada ramen dan udon saya jadi penasaran bagaimana rasa ramen di kedai steamboat ini. Pilihan saya jatuh kepada Ramen Special Asam Pedas. Jujur secara penampilan ini ramen agak aneh. Mulai dari mangkuknya yang dari tanah liat sampai porsinya yang juga imut. Tapi cukup unik juga, mungkin ini adalah ramen fusion ala Kedai Steamboat Ngampilan. Rasanya unik dan berbeda dari beberapa ramen yang sudah saya cicipi. Tapi enak dan seger juga karena kuahnya asam pedas.

STEAM-BOAT-NGAMPILAN-6

STEAM-BOAT-NGAMPILAN-4

Sebagai penutup makan malam saya kalai ini saya memesan Juice Apokat dan Juice Mangga. Kedua jus ini tingkat kekentalanya tidak mengecewakan untuk harga yang mereka tawarkan. Manisnya pas dan yang pasti segarrr.. Selain Steamboat, kedai ini juga menyajikan menu tom yam, ramen, udon dan aneka nasi goreng. Kalau kalian bosan dengan steamboat kalian bisa mencoba menu yang lain. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

[divider ]INFORMATION[/divider]

Location
Kedai Steamboat Ngampilan
Jl. Letjen Suprapto No. 70
Yogyakarta
Telp. 0274 4224

Opening Hours
14:00 – 22:00 WIB

Price
Steamboat Special Paket A (21k)
Ramen Special Asam Pedas (15k)
Nasi Putih Paket A (2k)
Juice Apokat (6k)
Juice Mangga (5.5k)

[divider ]MAP[/divider]