Kalau sudah mulai waktu sarapan tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi bubur ayam dan soto. Memang kedua jenis makanan ini paling pas dimakan disaat waktu sarapan dipagi hari. Entah kenapa sepertinya itu sudah menjadi ciri khas orang Indonesia untuk sarapan dengan kedua jenis masakan ini. Kali ini saya ingin berbagi warung soto yang sudah sangat terkenal di jogja baik karena harga, rasa dan tentu saja lokasinya yang berada di titik masuk kota Jogja. Soto Ayam Pak Gareng menggunakan jenis ayam kampung yang punya citarasa unik dihati para penggemarnya.

soto-ayam-pak-gareng-5

soto-ayam-pak-gareng-2

Lokasi warung soto ini adalah di seberang Stasiun Tugu Yogyakarta. Atau di jalan Mangkubumi sebelah selatan kantor PLN Jogja. Tempatnya sangat luas, bisa menampung banyak pelanggan dalam satu waktu. Bentuk warungnyapun sederhana, hanya berupa tenda yang didirikan diatas trotoar jalan. Kalau sudah habis ya tinggal di angkut saja. Warung soto yang mulai buka dari pagi buta ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Selalu saja ramai sampai menjelang waktu tengah hari.

soto-ayam-pak-gareng-1

soto-ayam-pak-gareng-6

Untuk urusan rasa, soto ayam yang satu ini sudah tidak diragukan lagi deh, kuah sotonya yang bening mencirikan soto yang ringan dan tidak terlalu enek, tapi punya rasa gurih dan sedap yang menggoda. Campuran lenthoknya *makanan berbahan dasar ketela* semakin membuat spesial soto ayam ini. Jangan takut dengan porsi yang sedikit, karena Soto Ayam Pak Gareng menyediakannya dengan porsi yang sangat pas buat kalian. Jadi buat para gentongers boleh lah memesan dua mangkuk dan kantong kalian tetap aman dibuatnya.

soto-ayam-pak-gareng-4

soto-ayam-pak-gareng-8

soto-ayam-pak-gareng-3

Ada berbagai macam menu pendamping dari soto ini, kebetulan di meja saya sudah sebagian menu pendampingnya hilang ditelan bumi.. eh orang.. 😀 Tapi untungnya saya masih sempat mengabadikannya buat eaters semua. Ada lenthok, sate ayam, sate ati, sate telur puyuh, kerupuk dan tempe keripik. Banyak sekali kan.. jadi jangan khawatir oke..

soto-ayam-pak-gareng-7

Minumannya juga sederhana, ada susu, kopi, teh dan jeruk. Karena saya biasa mengakhiri sarapan saya dengan segelas Teh Panas, menu inilah yang saya pesan. Buat eaters kalau ga suka dengan teh bisa mencoba minuman lain yang disediakan di warung ini. Oke.. cukup sekian dari saya tentang soto pak gareng, lain kali akan saya ceritakan warung-warung soto yang lain di seputaran kota jogja. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja. Salam kuliner 🙂

[divider ]INFORMATION[/divider]

Location
Soto Ayam Pak Gareng
Jl. P Mangkubumi Yogyakarta
Telp. 081328740439

Opening Hours
06:00 – Habis

Price
Soto Pisah (7k)
Soto Campur (6k)
Paha / Kepala Ayam (9k)
Sayap Ayam (7k)
Sate Ayam / Hati / Puyuh (2k)
Tahu Bacem (1k)
Lenthok (0.5k)
Kerupuk (0.5k)
Tempe Keripik (0.5k)
Es Jeruk (2.5k)
Teh Panas (2k)
Jeruk Panas (2k)
Es Teh (2k)

[divider ]MAP[/divider]