Buat yang suka dengan masakan Solo musti nyobain datang ke tempat yang satu ini. Memang menu salad dan selat solo banyak dijajakan di tempat lain tapi apa salahnya mencari pembanding rasa di berbagai tempat. Omah Semar adalah salah satu rumah makan yang menyajikan menu masakan khas Solo. Rumah makan ini sebenarnya hanya sebagian kecil dari keseluruhan bangunan yang berupa guest house.

OEMAH-SEMAR-3

Tempatnya memang tidak terlalu besar, dan berkonsep outdoor. Terakhir kali saya datang ke tempat ini suasananya berbeda dengan konsep yang sekarang ada. Tapi setelah saya amati yang berubah hanya meja dan kursinya. Kalau dulu menggunakan meja dan kursi pendek sekarang menggunakan meja yang lumayan besar.

OEMAH-SEMAR-2

Dan ada spot lesehan baru yang mereka tempatkan di luar. Berupa bangunan bale-bale yang tidak terlalu besar. Kalau saya perhatikan lebih detail lagi, sepertinya rumah makan ini semakin sempit daripada yang dulu. Tapi tenang saja.. semua itu tidak mengurangi kenyamanan kalian dalam mencicipi setiap hidangan di rumah makan ini.

OEMAH-SEMAR-1

Hari ini saya ingin memesan selat solo saja. Setelah bertanya – tanya dengan salah satu pelayan di Omah Semar saya direkomendasikan untuk mencoba menu andalan selat mereka dari ketiga selat yang ada di menu, yaitu Selat Punokawan. Selain lebih lengkap isiannya harganya juga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan menu selat yang lain. 😀

OEMAH-SEMAR-4

Rasa dari Selat Punokawan ini begitu segar dan gurih, dari mulai sayur hingga galantinenya berpadu dengan sangat indah dimulut saya. Tapi mungkin bagi selatholic rasa kuahnya memang agak sedikit berbeda dengan selat otentik yang ada di solo. Tapi semua itu tidak mengurangi citarasa dari Selat Punokawan ini.

OEMAH-SEMAR-9

Karena bujuk rayu sang pelayan saya diminta untuk mencicipi Ayam Goreng Khayangan yang katanya juga menjadi salah satu menu spesial di tempat ini. Akhirnya saya luluh juga *memang dasare weteng bagor* dan memesan satu porsi Ayam Goreng Khayangan. Tidak perlu menunggu hingga berjam-jam *yo iyolah* pesanan saya datang juga. Sekilas porsinya gede juga nih ayam, ada kremesan di atasnya dan digoreng sangat garing sekali.

OEMAH-SEMAR-8

Rasanya benar-benar nikmat bro. Ga salah saya memesan menu ini, sambalnya mantab dan rasa ayamnya gurih dan garing. Memang perpaduan yang benar-benar sempurna dari sebuah ayam goreng. Oh iya.. saya juga memesan Sambal Matah sebagai pelengkap sambal untuk menu ayam goreng saya. Pedas dan rasa dari sambal ini melengkapi Ayam Goreng Khayangan yang saya pesan. Joossssss.. 😀

OEMAH-SEMAR-10

OEMAH-SEMAR-6

Sebagai penutup menu besar saya siang ini saya memesan Mix Fruit Salad. Saya punya harapan besar dengan Mix Fruit Salad ini akan seperti menu-menu yang saya pesan sebelumnya. Tapi setelah menu Mix Fruit Salad saya datang saya agak sedikit pesimis dengan menu ini. Kalau dari penampilannya terlalu datar untuk difoto, walau garnishnya cantik dan menarik. Buahnya kurang banyak variannya nih, dan saus mayonya terasa kurang di mulut saya.

OEMAH-SEMAR-5

Untuk pelepas dahaga saya memesan tiga jenis minuman sekaligus. Yang pertama adalah Jus Jambu. Sama seperti jus jambu kebanyakan di rumah makan lain tapi jus jambu di Omah Semar ini sedikit kurang manis. 🙂 Next saya memesan Semar Mesem. Sebenarnya Semar Mesem ini masih masuk dalam kategori jus tapi lebih ke mix jus berbagai campuran buah dan sayur.

OEMAH-SEMAR-7

Rasanya sih saya suka sekali, entah dengan eaters semua. Yang pasti jus ini segar dan menyehatkan. Dan Pilihan minuman terakhir saya jatuh kepada Bir Jawa atau yang biasa juga disebut dengan Bir Pletok. Minuman yang berasal dari rempah-rempah ini memang segar dan menyehatkan. Jangan lupa beri komentar kalian dibawah ya.. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas Jogja lainnya. Salam kuliner 🙂

[divider ]INFORMATION[/divider]

Location
Omah Semar
Jl. Kompol Bambang Suprapto No. 22 Baciro Argolubang
Yogyakarta
Telp. 0274 – 8360022

Opening Hours
11:00 – 22:00 WIB

Price
Selat Punokawan (23.5k)
Ayam Goreng Khayangan (19.5k)
Mix Fruit Salad (15.5k)
Semar Mesem (10.5k)
Sambal Matah (1.5k)
Bir Jawa (Bir Pletok) (9k)
Jus Jambu (11k)

[divider ]MAP[/divider]