Hmmm..hari yang panas cocoknya minum yang dingin-dingin nih. Nah, daripada nungguin mas-mas yang jualan es cingcau, mending kita bikin minuman segar yang sehat dan menyegarkan. Eaters bisa ni nyobain Ultra Es Kopi ni. Jangan kuatir, bahan-bahannya gampang kok. So, ini ni resepnya.. Silakan mencoba ya..

Bahan-bahan:
– 9 sendok makan espresso atau kopi bubuk lainnya
– 4 cangkir air mendidih
– 1/4 cangkir gula pasir
– 3/4 sendok teh bubuk kayu manis
– 3/4 cangkir daun mint hancur
– 1 inci potongan jahe segar parut kupas
– 6 sendok teh susu kental manis
– 2 cangkir susu bebas lemak

Cara membuat:
1. Dinginkan loyang ukuran 13 x 9 inci di freezer. Masukkan kopi ke dalam French press (pembuat kopi) dan tambahkan air mendidih. Jika menggunakan pembuat kopi biasa, isi dengan air dingin dan masak hingga mendidih.

2. Campurkan gula, bubuk kayu manis, daun mint, dan jahe dalam mangkuk sedang. Sementara kopi masih panas, tuangkan di atas campuran gula dalam mangkuk, masukkan susu bebas lemak, aduk sampai gula larut.

3. Biarkan sekitar 30 menit agar rasa kopi dan bahan lain menyatu. Saring setengah campuran kopi ke dalam loyang dingin dan sisanya ke dalam teko. Masukkan kembali loyang tadi ke freezer dan teko ke dalam lemari es.

4. Setelah 2 jam, periksa es kopi di dalam freezer tadi menggunakan garpu besar. Kikis kopi beku di dalam loyang untuk mendapatkan kopi dalam bentuk serutan. Es kopi ini dapat digunakan selama satu minggu dan dikemas dalam plastik.

4. Untuk penyajian: isi setengah gelas dengan kopi dalam teko dan setengah dengan kikisan kopi beku (granita) tadi. Campurkan 1 sendok teh susu kental manis. Selamat menikmati.

sumber : http://www.metrotvnews.com/metrolife/news/2012/08/13/101979/Segarkan-Hari-dengan-Ultra-Es-Kopi/11

 

Ilustrasi gambar : www.wallgc.com