Bermula dari sebuah rasa penasaran yang menggebu. Akhirnya saya menginjakkan kaki saya di warung makan ini. Gimana gak penasaran, dari nama warungnya aja udah mikir yang tidak-tidak.. gimana dengan rasanya. hhe.. 😀 Maka dari itulah saya meluncur ke warung yang terbilang lumayan jauh dari daerah jajahan saya ini. Karena saya ingin ketemu janda.. eh salah.. saya ingin mencicipi janda kembang.. Duh salah maning!! maksud saya Sop Janda. 😀

Sop janda sebenarnya berasal dari kata jawa sunda. Selain dari segi branding, kata janda ini juga mampu dijadikan sebagai senjata marketing yang hebat. Terbukti saya dibuat menjadi penasaran dengan Sop Janda ini. *sial kena bujuk nih* Sop Janda ini memang punya citarasa yang unik karena menggabungkan dua citarasa jawa dan sunda yang kental.

Kalau kalian datang ke tempat ini kalian akan mendapatkan nuansa jawa yang sangat dominan. Bentuk warung ini berupa rumah joglo yang semuanya didominasi oleh unsur kayu. Ada gemericik air dari kolam kecil yang menambah suasana menjadi syahdu tralala. Belum lagi penerangan yang menggunakan lampu teplok sebagai pemasnisnya.

Tapi begitu saya memesan menu makanan disini saya terkejut dengan logat yang keluar dari mulut salah satu pelayannya. Yup.. It’s sunda man.. Logat yang sangat kentara berbeda dengan kebanyakan orang jogja ini membuat saya langsung menyimpulkan bahwa yang punya warung ini adalah orang sunda. *sekali lagi sok tau* 😀

Ada tiga jenis nama sop di warung ini. Yang membedakan ketiganya adalah tingkat rasa pedasnya. Tuh kan bener.. orang sunda memang suka ngasih klasifikasi level pedas kedalam menu makanannya. Sama tuh kaya nama cemilan sunda yang beredar luas di indonesia yang setiap makanannya ada level pedesnya. Nah Disini juga tidak mau kalah.

Kalau kalian yang doyan pedes kudu nyobain Sop Janda Ngamuk. Sampai-sampai mereka membuat spanduk Bertuliskan “Siapkan mental jika memilih janda ngamuk”. Pasti pedes banget nih sampe jandanya ngamuk.. hahaha.. 😀 Kalau pingin ngamuknya ga terlalu pedes kalian bisa pilih Sop Janda Muda *emang janda muda jarang ngamuk yak.. hahahaha..* Nah buat eaters yang punya pantangan dengan lombok alias pedas bisa pilih Sop Janda Kembang. *dijamin klepek-klepek deh* :))

Kalau urusan minuman mereka menyediakan menu jus yang lumayan lengkap. Karena sehabis dimarahin sama janda muda dan janda kembang pasti haus banget. Saya pesan Jus Tomat dan Jus Sirsak aja deh. Lumayan buat menenangkan diri dari amukan si janda-janda tadi. 😀

Selamat mencoba eaters, jangan lupa kasih komentar kalian di bawah ya. Selamat berjalan-jalan dan mencicipi kuliner khas jogja. Salam kuliner 😀

[divider]

Location
Sop Janda
Jl. Magelang Km 8, Jongke Kidul RT 5, Sendangadi, Mlati, Sleman
Yogyakarta
Telp. 0813 2829 7879 / 0274 867086

Opening Hours
10:00 – Malam / Habis WIB
Hari Jumat Libur

Price
Janda Kembang (15k)
Janda Muda (15k)
Jus Sirsak (5k)
Jus Tomat (5k)
Nasi Putih (2k)

[divider]