Hari minggu memang waktu yang sangat pas untuk dihabiskan berkumpul bersama keluarga tercinta. Dan seperti biasanya, wisata kuliner menjadi tujuan favorit keluarga kami. Tidak lengkap rasanya kalau hari minggu tanpa santap kuliner bersama. Saya teringat salah satu pesan dari teman saya di whatsapp tempo hari, kalau ada rumah makan yang sangat enak dan murah, namun letaknya lumayan jauh di utara kota jogja.

Rumah makan yang terletak di jalan cangkringan dan masuk kawasan desa brayut ini memang sudah ada sejak lama, namun entah kenapa, sepertinya rumah makan ini semakin hari semakin tenar bahkan mengalahkan 2 warung makan terkenal di daerah ini *menurut saya*. Timbul Roso memang salah satu pilihan yang tepat buat eaters semua menikmati menu masakan ikan air tawar bersama keluarga, teman, pacar atau rekan kerja.

Waktu menunjukkan pukul 16:00 WIB, saatnya kami meluncur ke TKP. Jarak antara rumah saya dan rumah makan ini memang cukup jauh, jadi dibutuhkan waktu ekstra untuk bisa sampai di TKP tepat waktu saat jam makan malam tiba. Sesampainya saya di TKP, hari memang sudah agak gelap karena mendung melanda sebagian kawasan merapi. Salah seorang pelayan meghampiri saya dan mempersilahkan kami masuk dan memilih tempat yang sesuai dengan keinginan kami.

Karena tempat ini cukup sepi di waktu sore hingga malam hari, kami bisa bebas memilih spot yang sesuai dengan keinginan kami. Akhirnya saya memilih gubug yang paling pinggir, sehingga kami bisa menikmati pemandangan indah kali kuning di sore hari. Dan saatnya memilih menu makan malam kami. Menu yang ditawarkan cukup banyak dan beragam, sehingga membuat saya sedikit pusing untuk mememilih, maunya sih semua, tapi apa daya perut dan kantong ini juga harus dipikirkan.. hhe..

Menu wajib yang harus dicicipi ditempat ini adalah Gurami Bakar Pedas Bumbu Kuning. Gurami yang digoreng sebentar kemudian di bakar menggunakan bumbu kuning ini memang terlihat menarik dan rasanya mantab. Perpaduan rasanya pas dan tekstur dari daging ikannya juga oke. Seeep lah, tidak salah saya memilih menu ini.

Selanjutnya adalah Gurami Acar Matang. Manu ini juga unik, karena guraminya digoreng dulu setengah matang baru disiram dengan kuah acar. Rasanya juga mantab nih, Tekstur dagingnya lembut karena efek goreng yang tidak terlalu lama tapi tetap ada kesan renyahnya ditambah kuah acar yang segar menambah citarasa menu ini.

Selain kedua menu di atas, kami sekeluarga memilih beberapa menu pendamping. Menu pendamping kami yang pertama adalah Soup Buntut. Soup ini memang pas untuk satu porsi orang, karena memang disajikan dalam mangkuk sedang yang ditemani sambal dan potongan jeruk nipis. Rasanya juga enak, segar dan dagingnya empuk. Tapi buat saya yang perutnya sekarung ini memang agak sedikit kurang porsinya.. haha..

Selanjutnya adalah Soup Jagung. Walaupun sop ini sedikit asin tapi secara keseluruhan rasa dari sop ini enak dan segar, isi pretelan jagungnya juga lumayan banyak. Cocok untuk eater cicipi sebagai menu pembuka sebelum menyantap menu utama gurami kalian. Dan yang terakhir kami pesan adalah Karedok. Masakan yang terdiri dari beberapa sayuran mentah ini *saya lupa apa saja isinya* terasa pas dengan siraman kuah kacangnya, walaupun memang secara rasa boleh dibilang okelah *menurut saya lho ya*. 😀

Dan ini dia salah satu hal penting yang tidak boleh ketinggal kalau kita makan masakan serba ikan atau ayam, yaitu sambal dan lalapan. Keluarga kami memang hobi dengan sambal dan lalapan, saking hobinya, kami selalu memesan lebih dari satu porsi lalapan. *biar mantab* Malam itu kami pesan dua jenis sambal, yaitu Sambal Terasi Mentah dan Sambal Bawang, yang dua-duanya pedesnya minta ampun, sampai lidah saya terasa terbakar *huuaaaaaaaaaa*.

Sebagai menu penutup kami memesan beberapa minuman khas jawa, yaitu Wedang Uwuh, Wedang Jahe dan Gula Asem Squash *ada air sodanya :D*. Tapi karena tante saya sedang tidak enak badan maka dia memilih Gula Asem Hangat. Minuman penutup yang pas sehabis menyantap menu makan malam kami.

Buat eater yang butuh referensi tempat makan bersama keluarga tempat ini sangatlah cocok untuk kalian kunjungi, dari segi harga rumah makan ini tidak terlalu mahal, dari segi suasana tempat ini sangat nyaman karena dikelilingi pohon-pohon yang sangat rindang. Walaupun memang kalau dari segi lokasi memang sangat jauh dari kota.

Jadi kalau kalian kebetulan mampir ke kaliurang, kudu wajib mencicipi makanan di tempat ini. Selamat berwisata kuliner, dan jangan lupa beri komentar kalian di bawah ya. Salam kuliner eaters.. 🙂

INFORMATION

Location
Timbul Roso
Jl. Cangkringan Km 3.5 Brayut Wukirsari
Sleman Yogyakarta
Telp. 0274 897217

Opening Hours
09:00 – 21:00 WIB

Price
Gurami Acar Matang Super (67k)
Gurami Bakar Pedas Bumbu Kuning Super (67k)
Udang Asam Manis (17k)
Soup Buntut (15k)
Sop Jagung (8k)
Nasi Bakul Besar (11k)
Lalapan Besar (4.5k)
Karedok (5.5k)
Sambal Terasi Mentah (2.5k)
Sambal Bawang (2.5k)
Pete Bakar (5k)
Wedang Uwuh (7k)
Wedang Jahe (5k)
Gula Asem Squash (8k)
Gula Asem Hangat (4k)

MAP