Siapa yang belum pernah makan bakmi jawa, acungkan tangan kalian !? kalau sampai ada orang jogja, atau yang sudah lama tinggal di jogja belum pernah mencicipi bakmi jawa itu namanya “terlalu..” *pinjem kata saktinya bang Rhoma* 😀 Pastilah keterlaluan kalau belum pernah makan makanan yang menjadi salah satu ikon kota jogja ini. Menu yang selalu disajikan dengan bakmi kuning atau putih ini memang mempunyai citarasa tersendiri.

Berhubung malam itu saya ada janji meeting dengan salah satu penulis yang super sibuk, saya putuskan untuk meeting di Warung Bakmi Pak Rebo. Jarang-jarang kan ada orang meeting di warung bakmi jawa.. hahaha.. *gaya bener* 😛 Warung bakmi pak rebo letaknya persis di selatan SD Kintelan, atau sekitar 300 meter diselatan Purawisata ( Kalau orang dulu menyebutnya THR ). Kalau mau tau alamat pastinya lihat informasi di bawah ya.

Pak Rebo adalah kakak ipar dari Mbah Mo ( Salah satu bakmi jawa yang terkenal di jogja hingga pelosok tanah air ). Konon kabarnya Mbah Mo belajar memasak bakmi jawa dari Pak Rebo yang sudah memulai bisnis berjualan bakminya dari jaman kemerdekaan ini. Dan sepeninggalan Pak Rebo warung bakmi ini dikelola oleh istri serta para kerabatnya.

Sambil menunggu teman saya yang penulis beken itu, saya memutuskan untuk memesan Bakmi Godong dengan mi putih. katanya dulu warung ini hanya berjualan bakmi dengan mi kuning saja, tapi sekarang juga ada mi putihnya. Eaters juga bisa memesan bakmi goreng ataupun nyemek ( bahasa jawa untuk bakmi yang tidak terlalu kering namun juga tidak banyak kuahnya )

Seperti halnya warung bakmi jawa di seantero jagad dunia perbakmian. Bakmi jawa selalu dimasak dengan Anglo yang berbahan bakar arang serta dimasak satu persatu setiap porsinya. Jadi jangan kaget kalau dalam kondisi yang sangat ramai kalian harus menunggu hingga ber jam-jam lamanya.

Tak lama kemudian bakmi pesanan saya pun datang. Dari penampilannya saja sudah sangat membikin lapar. Porsi bakmi di warung bakmi pak rebo ini menurut saya pas di perut, tidak terlalu banyak  Dan disajikan dengan piring bisa bukan mangkok seperti di Warung Bakmi Pak Geno.. Siapa itu?? tunggu liputan eatjogja selanjutnya. 😀

Back to bakmi godog. Rasa bakminya mantab, pas dari semua sisi. Karena saya penyuka bakmi jawa jadi saya bisa mengambil kesimpulan kalau rasanya enak. Tapi sekali lagi ini selera saya lho, bagaimana dengan eaters?. Eaters semua tidak akan menyesal kalau mecicipi bakmi jawa di tempat ini.

Karena sudah mulai masuk musim hujan, rasanya cocok menikmati bakmi jawa dengan kuah yang panas sambil ditemani dengan segelas teh hangat.. Mantab..!! Selamat berwisata kuliner eaters..

[divider]

Location
Warung Bakmi Pak Rebo
Jl. Brigjen Katamso No. 167 Jogja
Telp. 0274-9334388

Opening Hour
16:00 – 22:00 WIB

Price
Bakmi Godong (15K)
Teh Panas (2K)

[divider]