Sudah ada yang pernah denger ikan sidat belum? Kalau belum berarti Eaters sama seperti saya. hhe. Ikan yang bentuknya sepintas mirip dengan belut ini ternyata sangat terkenal di luar negeri. Di Jepang ikan sidat ini biasa disebut dengan Unagi dan tergolong makanan yang sangat spesial dan hanya disajikan di restoran-restoran mahal nan terkenal.

Ikan Sidat ini mempuyai kandungan protein yang cukup besar, bahkan mengalahkan ikan sekelas salmon, hebat kan.. Kandungan vitamin A dan B nya juga mengalahkan susu sapi, mantab bener.. Tapi sama seperti salmon ikan ini tergolong sangat mahal karena budidayanya memang sangat sulit. Di dunia pun belum ada orang yang dapat memijahkan ikan yang satu ini.

Saya dengar ada warung di jogja yang menyediakan menu berupa ikan sidat. Maka tidak lengkap rasa ingin tahu saya sebelum mampir ke Bakmi Sidat Bakmine Wong Jogja. Warung yang menyediakan ikan sidat ini memang jauh dari pusat kota, tepatnya di jl. Kaliurang km 10 Ngaglik Sleman.

Konsep bergaya outdoor berpadu dengan alam sepertinya sangat cocok sekali ketika kita mencicipi makanan serba ikan. Di tengah-tengah restoran ini terdapat kolam pembesaran ikan sidat, jadi buat kalian yang penasaran dengan bentuk ikan sidat bisa melihatnya di kolam ini. Setelah bertanya dengan bapak-bapak yang menjaga warung ini saya direkomendasikan untuk mencoba Sate Sidat dan Bakmi Kuah Sidat.

Menu saya yang pertama adalah Sate sidat. Memang sepintas bentuk dan warnanya mirip sate pada umumnya, tapi begitu kalian menggigitnya kalian akan merasakan daging ikan sidat yang agak sedikit berbeda, teksturnya kenyil-kenyil hampir seperti cumi-cumi dan agak sedikit amis. Setelah saya tanya-tanya ternyata bau amis itu mencerminkan kandungan protein yang tinggi pada ikan sidat jadi sangat normal jika terasa sedikit amis.

Menu saya yang kedua adalah Bakmi Kuah Sidat. Karena jogja identik dengan bakmi godong, sepertinya warung ini juga ingin mengusung makanan khas jogja tersebut, tetapi dengan nuansa yang sedikit berbeda, tentu saja bedanya terletak pada daging ikan sidat yang menjadi pemeran utamanya. Kalau dari segi rasa hampir sama dengan bakmi jawa pada umumnya hanya saja memang ikan sidat yang kenyil-kenyil ini yang membuat terasa sedikit berbeda.

Menu makan siang saya kali ini saya tutup dengan Jus Jambu dan Es Jeruk sebagai pelepas “ngelak” saya di siang yang cukup panas dan gerah itu.

_

Kalau nanti eaters main ke warung ini jangan kaget ya begitu melihat harga menu di tempat ini, karena memang bisa dibilang cukup mahal. Tapi saya rasa harga ini seimbang dengan kandungan gizi yang bisa kalian dapatkan dari ikan sidat tersebut. Saya rasa banyak faktor yang menyebabkan ikan ini menjadi sangat mahal, selain kandungan gizi yang saya sebutkan di atas, proses pengembangbiakan ikan ini juga terbilang sangat susah, jadi pantaslah kalau harganya sangat mahal.

Selamat mencoba eaters, selamat jalan – jalan di jogja bersama keluarga tercinta. Dan jangan lupa kasih komentar kalian tentang warung makan ini ya.. Salam kuliner.. 😀

[divider]

Location
Bakmi Sidat Bakmine Wong Jogja
Jl. Kaliurang Km 10 Ngalangan, Ngaglik , Sleman Yogyakarta
Telp. 0274 4538077 / 087839148981
Website : www.bakmisidat.com

Opening Hours
12:00 – 21:00 WIB
Senin Tutup

Price
Sate Sidat (40k)
Bakmi Kuah Sidat (40k)
Juice Jambu (8k)
Es Jeruk (8k)

[divider]