Makanan khas Palembang ini juga mendunia di Jogja. Ada banyak jenis, bentuk dan rasanya. Yang jelas, makanan yang liat di mulut ini memakai daging ikan berkualitas. Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan dan sagu. Dalam penyajiannya pempek disajikan bersama saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko dalam bahasa Palembang. Cuko ini dibuat dari air, gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Selesai urusan di kampus, saya sempatkan makan pempek di kawasan Cik Di Tiro. Ini saya berterimakasih sama Cik Lin yang dah kasih rekomendasi pempek enak dengan harga terjangkau. Ya, Pempek Ulu Bundar menyediakan berbagai jenis pempek. Ada Lenjer, Bulat, Kulit dan Kapal Selam. Ada juga Tekwan dan Siomay juga.

Pempek yang paling gede ukurannya adalah Kapal Selam. Biasanya kalo pas lapar bisa nambah…hehe.. Pempek kapal selam adalah telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas.

Nah kalo Lenjer itu bentuknya bulat panjang. Nah, karena ukuran Pempek Lenjer di sini kecil, saya tambah Pempek Bulat dan Kulit. Semuanya berasa ikannya, tapi tidak sedahsyat pempek kiriman sepupu saya dari Palembang..hehehe..Yaa..lumayan deh untuk mengobati kangen saya dengan kota Palembang.

Apalagi saus atau cukonya yang pedesnya nampol tenan. Wis..benar-benar luar biasa pedasshh.. (derita gak doyan pedas, pake dikit langsung panas). Silakan dicoba lho ya.. Atau ada rekomendasi yang lain? Monggo..silakan dibagikan lho.. 🙂

[divider]

Location
Pempek Ulu Bundar
Depan Mirota Kampus
Jalan Cik Di Tiro 10 Yogyakarta
Telp 0274 7873241

Opening Hours
10:00 – Habis WIB

Price
Kapal Selam (6.5K)
Lenjer (4K)
Bulat (4K)
Kulit (4K)

[divider]