Sambil menyeruput teh botol, melirik kiri-kanan. Kok nggak ada sesuatu yang membuat makan siang saya meriah ya..? Ahaaayyy…ternyata tidak ada kerupuk dan sesuatu yang crispy. Mmm…gini ni kalo sudah addicted by kriuk-kriuk.. 😛 Makan tanpa kerupuk serasa belum sempurna. Tapi, kata teman saya, ada beberapa jenis kerupuk yang ‘tidak sehat’ karena mengandung bahan-bahan yang tidak layak konsumsi manusia. Wah, jadi musti hati-hati juga ya..

Kebetulan saya punya kenalan ni, namanya Mbak Novi, yang bikin keripik belut dan keripik ikan lele. Saya sempetin tu maen ke rumahnya yang sekaligus tempat produksi keripik yang dibandrol nama Sari Rasa. Meski lumayan jauh (nggak lumayan lagi, sangat jauh) dan dengan tersesat, akhirnya saya bisa menemukan rumahnya. Karena hari minggu, kebetulan tidak ada produksi, jadi ya saya sekedar mencicip saja..hehe..

Novi memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan, terciptalah aneka keripik yang sehat dengan harga terjangkau. Mungkin ikan Lele sudah tidak asing lagi di telinga, karena hampir di setiap warung penyetan selalu menyajikan lele. Nah, kalo Keripik Lele Sari Rasa ini belum terlalu familiar kali ya.. Saya aja rada nggak yakin sama ikan ikan berkumis atau catfish ini, tapi begitu nyicip..ternyata enak juga. Crispy, gurih dan menggugah selera.. 😛

Ikan Lele atao Clarias Batrachurs, L ini dagingnya sangat gurih dan lezat. Kandungan gizinya termasuk lengkap, ada Kalsium, Phosphor, Ferum, Natrium, Thiamine, Riboflavin dan Niacin. Selain dibuat keripik, dagingnya juga enak dibuat Abon. Tekstur Abon Lele memang sedikit lebih lembut dibandingkan abon sapi atau ayam. Warnanya sedikit lebih soft dan rasanya tak kalah gurih dari keripiknya.

Selain Lele, Mbak Novi juga bikin keripik belut. Si Belut yang liat dan licin ini menjadi ikon kuliner kecamatan Godean, Sleman. Keripik Belut Sari Rasa ini juga enak dan kriuk. Belut ini juga punya banyak kandungan gizi. Ikan darat yang masuk keluarga Synbranchidae ini bernama latin Monopterus Albus, atau ikan yang tidak memiliki sirip atau anggota tubuh lain untuk bergerak. Belut juga bergizi tinggi, membantu pembentukan otot dan membantu menghambat perkembangan sel kanker payudara. Nah lo…sudah enak, bergizi pula..

Keripik Bayem ato Peyek Bayem Sari Rasa ini beda lho sama keripik bayem lain. Ini bener-bener kriuk dan tidak berminyak. Wis..pokoknya hari itu saya bener-bener kenyang makan keripik. Enak, bergizi dan gampang dicari. Kayaknya, keripik Sari Rasa ini harus mengisi toples di rumah deh. Dan makan semakin meriah karena ada kriuk-kriuknya.

Ok..sekarang giliran Eaters yang mencobanya. Maen ke desa dan menikmati keripik crispy yang menggoda.. 😉

[divider]

Location
Keripik Sari Rasa
Somokaton, Margokaton, Seyegan, Sleman
Order 085747317443

Price
Keripik Belut, Lele, Wader 15K/pack 75K/kg
Keripik Jamur 10K/pack 50K/kg
Keripik Bayam 12.5K/pack 25K/kg
Abon Lele 15K/pack 150K/kg

[divider]