Setelah erupsi Merapi 2010, Kawasan Wisata Kaliurang memang sedikit meredup pamornya sebagai kawasan wisata alam maupun wisata kulinernya. Masyarakat seakan enggan untuk berkunjung, karena masih tersisa ketakutan akan keganasan Merapi. Tapi seiring waktu, kawasan sejuk di lereng gunung teraktif di dunia ini mulai populer lagi.

Dulu waktu saya kecil, paling suka main di kawasan Tlogo Putri. Naik ke Plawangan sambil kasih makan monyet. Itu kenapa saya jadi kembali ke masa kecil saya, saat berkunjung ke Kaliurang beberapa hari lalu. Salah satu kuliner khas Kaliurang ya Jadah Tempe Mbah Carik. Jadah terbuat dari ketan yang telah dikaru (dicampur) santan lalu dikukus. Setelah matang, ketan ditumbuk menggunakan alu dan lumpang, lalu dibentuk bulat panjang.

Sebagai pelengkap, jadah dipasangkan dengan tempe atau tahu atau gembus bacem. Meskipun terlihat sederhana, namun Jadah Tempe ini memiliki sejarah yang panjang, khususnya bagi sang penjual Jadah Tempe yang terkenal yaitu Mbah Carik. Awalnya jadah tempe sama sekali bukan makanan yang terkenal. Pertama kali diperkenalkan oleh Sastro Dinomo atau yang akrab disapa mbah Carik sekitar tahun 1950-an di desa Kaliurang. (trah Sastro memang kreatif..hahaha..) Makanan buatan Mbah Carik menjadi terkenal, saat Sri Sultan Hamengkubuwono IX mencicipi jadah tempe. Sultan ternyata sangat menyukainya, bahkan Sultan sering mengutus pengawalnya untuk membeli jadah tempe ke Kaliurang. Sejak saat itu, Jadah Tempe banyak dikenal dan menjadi makanan khas Yogyakarta, khususnya Kaliurang.

Cara makan Jadah Tempe juga unik. Seperti burger, jadah menjadi roti dan tempe menjadi burgernya..hehe.. Jadi, buka mulut lebar-lebar lalu gigit jadah tempenya. Mmm…begitu dikunyah, agak liat-liat gimana gitu. Walau akhirnya rasa gurih dan manis nge-blend jadi satu… 😉

Jadah Tempe Mbah Carik ini dijual per paket. Ada Paket Jadah Tempe, Paket Jadah Tempe Tahu dan Jadah Tahu. Isinya bervariasi, mulai dari 5 biji sampai 10 biji. Jadi Eaters nggak perlu bingung tanya satu bijinya berapa rupiah dan mau beli berapa banyak. Tinggal pilih paket, mbak-mbak-nya akan langsung melayani.

Di Kaliurang memang banyak penjual Jadah tempe, tapi hanya Jadah Tempe Mbah Carik yang terkenal dan rasanya khas. So, Eaters, silakan mencoba ya.. 🙂

[divider]

Location
Jadah Mbah Carik
Kios Terminal Kaliurang, Hargobinangun, Pakem Sleman.

Opening Hours
09:00 – Habis WIB

Price
Paket Jadah Tempe mulai (7K – 14K)
Paket Jadah Tempe Tahu mulai (12K – 15.5K)
Paket Jadah Tahu mulai (8.5K – 17K)

[divider]