Pasti eaters semua sudah kenal dengan buah yang satu ini. Bentuknya bulat dan berwarna merah, namun ada pula yang berwarna hijau. Ukurannyapun  beragam, ada yang besar dan ada yang kecil yang orang biasa menyebutnya dengan tomat ceri. Tapi jangan salah, masih banyak orang yang mengira kalau tomat masuk dalam kategori sayur mayur, mungkin termasuk saya. Hha.. Tapi tidak masalah, mau dimasukkan dalam kelompok buah boleh, dalam kelompok sayur juga boleh. yang paling penting tetap khasiatnya, betul?! 😀

Cara mengkonsumsi tomat memang beragam. Ada yang mengkonsumsinya dengan cara dimasak atau dicampurkan kedalam masakan sebagai penyedap masakan, adapula yang mengkonsumsinya mentah. Semua cara tersebut tidak salah, kalian bisa memilih salah satunya. karena kandungan zat gizi yang dimiliki oleh tomat tidak cepat menghilang ketika dimasak. bahkan kandungan likopen yang dimiliki oleh tomat dapat diserap tubuh dengan baik ketika kita memasaknya terlebih dahulu.

Ada beberapa sumber yang menyebutkan kalau kandungan likopen pada tomat yang berwarna kuning dan oranye lebih cepat diserap oleh tubuh daripada tomat yang berwarna merah. Ada juga yang menyebutkan kalau kadar vitamin dalam tomat merah lima kali lebih besar daripada tomat hijau. Tapi apapun warna dan bentuknya, tomat mengandung unsur gizi yang hampir sama, yakni kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat dan zat fitonutrien.

Kalau kata sejarah, tomat atau yang nama latinnya adalah Lyopercisum esculentum pada mulanya ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. Di Prancis, tomat dijuluki “apel cinta” atau pomme d’amour. Dikatakan sebagai apel cinta, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya. Para pria pasti suka ini. haha.. Oh iya, untuk tambahan informasi buat pria-pria diluar sana, Penelitian di Amerika menyebutkan, laki-laki yang mengonsumsi sedikitnya sepuluh porsi buah tomat yang dimasak dalam seminggu akan menurunkan risiko terkena kanker prostat sampai 45%. Mantab kan. 😀

Image : www.sxc.hu

Selain manfaat dari tomat yang saya sebutkan di atas, berikut ini beberapa manfaat lain dari tomat yang patut eaters ketahui :

  1. Tomat dapat mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh lebih dari 30%
  2. Dapat menurunkan resiko terkena kanker lambung, usus besar dan tenggorokan.
  3. Tomat juga bersifat antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat dan jika anda demam, tomat juga mempunyai sifat antiperetik alias penurun demam.
  4. Dalam penelitian lain di amerika menunjukkan bahwa tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi liver dan  serangan empedu.
  5. Tomat juga berkhasiat mencegah penggumpalan pembuluh darah penyebab stroke dan penyakit jantung.
  6. Dengan mengkonsumsi setidaknya 2 tomat setiap hari dapat mengurangi stres oksidatif diabetes tipe 2.
  7. Kandungan vitamin A yang terdapat pada tomat baik bagi kesehatan mata dan juga baik bagi kesehatan dan kekuatan rambut.
  8. Tomat juga dapat mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan komedo dengan cara melapisi (masker) kulit wajah selama sepuluh menit.
  9. Efek asap rokok juga dapat diminimalisir dengan tomat.
  10. Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
  11. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium
  12. Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia.
  13. Mengurangi radang usus buntu.
  14. Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
  15. Mengobati diare.
  16. Memulihkan fungsi liver.
  17. Mengatasi kegemukan.

Jadi tunggu apalagi, segera manfaatkan kelebihan dari buah tomat ini ya. Jangan lupa share ilmu ini kepada teman dan kerabat dekat eaters semua. Salam sehat selalu. 🙂

Disarikan dari berbagai sumber

 

Featured image : www.sxc.hu