Kemarin sempat cicip makanan dari singkong. Nah, sore itu saya kepingin cicip makanan dari saudara dekat singkong bernama ubi. Orang Jawa bilang pala kependem yang banyak mengandung karbohidrat dan bisa menjadi makanan alternatif pengganti nasi atau beras. Sebenarnya tidak susah mencari makanan dari ubi di Jogja. Ada bakpia ubi, ada bubur ubi, ada muffin ubi.. Banyak..!! Cuma, saya pingin ubi yang diolah beda.

Untungnya saya pernah ketemu sama mahasiswa tingkat akhir yang punya usaha makanan olahan berbahan dasar ubi. Nama bekennya Anggaubi, pemilik lapak makanan dari bahan dasar ubi ungu, yang dikukus dan dicampur dengan bahan-bahan yang enak lainnya, seperti coklat, keju, buah dan lain-lain. Setelah sekian lama belum ketemu hari dan tanggalnya, akhirnya akhir pekan kemaren saya berhasil mencicip Ubiyabi yang lezat itu. Meski nggak sempat ketemu sama yang punya.. 😛

Sampai di lapak Ubiyabi memang butuh perjuangan, gitu kata sahabat saya. Ya..setelah muter daerah Minomartani gak karuan juntrungnya, jereng mata hanya untuk sebuah pos ronda, akhirnya ketemu juga Ubiyabi yang nyempil kecil. Haduuhh…tiwas liwat bola-bali, jebulane neng kene to..! Komentar sahabat saya sambil geleng kepala… 😀 Lapak Ubiyabi memang sederhana, tidak begitu luas, tetapi didesain menarik dengan mengedepankan warna alam dan unsur kayu dan batu yang kuat. Sayangnya, tulisan Ubiyabi di depan lapak sama sekali tidak kelihatan..haha.. *mas Angga, tolong diperbesar biar minus saya tidak tambah banyak 😀

Ok..menu pertama adalah Ubiyabi Coklat Keju ukuran kecil. Ubi ungu disulap menjadi semacam schotel yang manis tiada tara. Kebetulan saya tidak begitu suka manis, jadi manisnya langsung kena di lidah. Ubinya lembut dengan coklat yang menyatu manisnya, ditambah potongan keju yang meleleh di dalamnya. Topping messes dan pasta coklat mempercantik tampilan luar. Rasanya nge-blend antara manis dan gurih, meski begitu, saya masih nemu serat ubi di dalamnya.

Lalu Ubiyabi Coklat Blueberry yang legit juga menggoda selera. Meski lebih kuat rasa coklatnya, tapi Ubiyabi ini bisa menjadi alternatif kudapan sore yang mengenyangkan. Cocok banget buat yang doyan coklat… 😉 *inget ponakan di rumah..

Tidak hanya makanan, tapi minumannya juga berbahan ubi. Saya menjajal Milkshake Ubiyabi. Sebenarnya minum milkshake ini juga sudah bikin kenyang. Lha isinya susu dan ubi ungu diblender, ditampak choco chip dan keju parut. Wis..harus segera melambaikan bendera putih ki.. Menyerah karena kekenyangan..!

Nah, saya tantang ni Eaters untuk mencoba Ubiyabi. Kalo ada yang kasih komentar kurang, saya acungi jempol dah..!! So..silakan dicoba ya..

[divider]

Location
Ubiyabi
Jogja Paradise Foodcourt
Jalan Magelang Km 6 Sinduadi Sleman Yogyakarta
(Depan The Sahid Rich Hotel).

Pabrik Ubiyabi
Jalan Kaliurang KM 9, Krapyak Wedomartani Ngemplak Sleman
Pin BB : 3131ff2
Telp/SMS : 081904900009

Opening Hour
13:00 – 24:00 WIB

Price
Ubiyabi Coklat Keju Small (7K)
Ubiyabi Coklat Keju Medium (13K)
Ubiyabi Coklat Keju Large (27K)
Ubiyabi Coklat Blueberry Small (7K)
Ubiyabi Coklat Blueberry Medium (13K)
Ubiyabi Coklat Blueberry Large (27K)
Milkshake Ubiyabi (7K)

[divider]