Setiap kali siaran di radio, saya selalu lewat di depan tempat makan ini. Resto yang menyajikan makanan khas Jawa ini memang unik. Menempati semacam pendopo dengan kursi kayu ini memberikan kesan Jawa yang kental. Dan dari jejaring sosial, saya kenal sama pengelolanya, Mas Ardhy. Setelah ngobrol ngalor-ngidul, akhirnya Mas Ardhy kasih kesempatan saya untuk mencicip beberapa menu di restonya. Tapi, ngomong-ngomong apa ni naman restonya? Haha..lupa..! Namanya Puri Kedaton Resto, di kawasan Gabusan, Bantul. Persis bersebelahan dengan Grand Puri Waterpark itu.

Biasa, bersama tim pemburu menu, saya pun dijamu beberapa menu andalan di resto ini. Hari itu hujan sempat mengguyur sebagian Jogja, saya disuguhi Wedang Uwuh. Wedang Uwung di sini beda, aroma daun cengkeh yang semerbak dengan rasa pedas jahenya lebih lembut. Hangatnya pas..hehehe..

Lalu, datanglah semangkok Mie Godhog Jawa ala Puri Kedaton. Hmm..cocok sekali dengan hawa dingin yang dibawa hujan rintik-rintik. Namanya juga bakmi jawa, khas kemiri dan bawang putih juga mericanya lumayan terasa. Paduan mi kuning dan sayuran hijau dipercantik dengan taburan bawang goreng, yummy..!

Menu lain yang tak kalah menggoda adalah Nasi Goreng Kambing. Ini dia, jarang-jarang lho resto yang menyediakan nasgorkam, rata-rata nasgoryam..hehe.. Bumbunya pas, cuma daging kambingnya terlalu asin. Tapi, boleh lah untuk mengisi perut yang keroncongan.

Gurameh Asam Manis menjadi menu berikutnya. Ikan Gurameh berukuran sedang di-fillet lalu digoreng crispy. Baru deh dituangi saus asam manis dari paduan mentimun dan nanas. Hmm..enaknya..!!

Sambil ngobrol, Mas Ardhy menambahkan menu Rica-rica Bebek. Masakan pedas ini seharusnya pedas menggoda, tapi menurut saya masih tanggung pedasnya. Tapi, dagingnya lunak dan tidak terlalu liat. Wah..benar-benar full tank ni.. 🙂

Hari mulai panas lagi, matahari mulai mengintip perlahan. Akhirnya saya meng-iyakan tawaran Jus Puri Kedaton. Minuman segar berwarna hijau ini terbuat dari daun Caisim, Nanas dan air jeruk nipis. Hmm..paduan yang sempurna. Rasanya pas, aromanya berbaur jadi satu. Lagi-lagi saya bilang enaknyaaaa.. 😀

Makan siang saya bersama Tim Pemburu Menu diakhiri dengan Sop Buntut dan Sayur Asem yang segar. Sop Buntutnya ngaldu dan pas di lidah. Sementara Sayur Asem-nya top banget. Bumbunya sangat-sangat terasa, kuat rasa asemnya karena ditambahkan tomat sehingga warna dan rasanya lebih kena. Jempol deh untuk Sayur Asem Puri Kedaton..:-)

Saya sadar, ukuran perut tak berbanding lurus dengan keinginan mengunyah. Menu di Puri Kedaton Resto ini memang layak dicoba. Eaters bisa langsung menuju Kompleks Gabusan, Jalan Parangtritis untuk menjajal menu khas Jawa di sini. Jangan lupa share info ya.. Karena ada beberapa menu yang belum sepat saya cicipi karena keterbatasan space perut.. 😉

Monggo..silakan dicoba..

[divider]

Location
Puri Kedaton Resto
Komplek Gabusan Jalan Parangtritis Km 9.5 Sewon Bantul
Telp. 0274 6463178

Opening Hour
09:00 – 20:00 WIB

Price
Gurameh Asam Manis (45K)
Nasi Goreng Kambing (14.5K)
Rica-rica Bebek (18K)
Mie Godhog Jawa (10K)
Sop Buntut (23K)
Sayur Asem (6.5K)
Wedang Uwuh (3.5K)
Jus Puri Kedaton (5K)

[divider]