Penasaran aja, tiap kali lewat di seputaran Pom Bensin Sagan, tempat makan pas di pojokan SPBU itu tampak ramai. Parkiran motornya penuh banget, sampai bikin macet karena pas di trotoar persis di traffic light perempatan Jalan Prof. Yohanes . Iseng deh nyobain..

Dari papan yang ngejreng itu ada tulisan gede Leko, Spesialis Iga Sapi Penyet. Inget sepupu saya yang pernah merekomendasikan Leko di Surabaya. Eh, ternyata di Jogja ada cabangnya juga… Warung Makan Leko ini menyediakan aneka menu serba penyetan. Tapi yang istimewa di sini adalah menu Iga Penyet. Namanya juga penyetan, sambalnya pasti harus khas dan nendang.. 😀

Eehh, ternyata bener lagi.. Sambalnya mirip dengan yang di Surabaya, pedasnya sesuai tingkat dan kebutuhan. Maksudnya, semakin kita suka pedes, kita bisa nambah cabenya. Hmmm…kebayang yang ekstra pedas ya.. Plokk..!! Kayak ditampol gitu…hehehe..

Nah, saya pesan Iga Penyet dengan sambal ekstra pedas. Lumayan, dagingnya empuk dan bumbunya meresap. Karena empuk ini, saya tidak perlu pake olahraga tarik beban saat mengunyahnya. Sambalnya sempurna pedasnya. Pedasnya bertanggungjawab alias sangat panas di mulut dan perut..hehe..

Bebek penyetnya juga enak. Digoreng garing tapi tidak liat, jadi mudah digigitnya. Ditambah lalapan yang seger, pas untuk menghilangkan pedas cabenya.

Berikutnya adalah Sup Iga. Banyak ya..maklum, abis bekerja keras. Jadi makan juga harus banyak. Sup Iga ini sedikit menetralkan pedasnya sambal penyet. Rasanya seperti sup iga lainnya, yang jelas seger dan lumayan ngaldu.

Hmm..lumayan penuh ni perut saya, tapi pedes sambalnya masih terasa, jadi saya memesan segelas es cingcau. Manisnya dari air gula, trus pake serutan cingcau hitam. Not bad lah.. segernya kena di lidah. Kalo tehnya yang biasa, kurang sepet..hehehe.. (sepetan muka saya karena belom mandi sepulang kerja..hihihi..)

Soal menu lainnya, masih banyak. Ada ayam penyet, babat, gurami, empal, udang, bandeng dan cumi. Harganya variatif kisaran 10 ribu sampai 30 ribuan. Tempatnya sedikit semrawut karena pengunjungnya sangat ramai. Belum lagi waiting list yang diterapkan pemiliknya membuat tidak nyaman. Jadi, datangnya jangan pas lapar banget, sebab Eaters harus menunggu lama.

So..pingin nyoba tantangan di Leko? Langsung ke Sagan saja.. Rasakan sendiri sensasi sambal penyet yang menggugah selera.

[divider]

Location
Jl. Prof Dr Ir Herman Yohanes No 1 Sagan Yogyakarta.

Opening Hour
Siang – Malam

Price
Bebek Penyet (18K)
Iga Penyet (22.9K)
Iga Sup (22.9K)
Nasi Putih (3K)
Es Cincau Degan Jumbo (10K)
Teh Manis Hangat (2.5K)

[divider]