Buah dan sayur impor banyak kita jumpai di pasar Indonesia. Konsumen harus berhati-hati sebelum mengonsumsi buah dan sayur impor ini.Karena selain memiliki jejak karbon yang tinggi, buah dan sayur impor kemungkinan mengandung pestisida yang berbahaya bagi kesehatan.

Environmental Working Group (EWG), lembaga penelitian nirlaba dari AS, minggu lalu mengeluarkan panduan belanja buah dan sayur yang mengandung bahan kimia beracun ini.

Panduan edisi kedelapan berjudul “Shopper’s Guide to Pesticides in Produce” tersebut berisi informasi kandungan pestisida di 45 jenis buah dan sayur yang populer, yang selain dikonsumsi di dalam negeri, kemungkinan besar juga diimpor ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Buah dan sayur yang mengandung pestisida terbanyak dimasukkan dalam kategori Dirty Dozen Plus™. Sementara buah dan sayur yang paling sedikit mengandung pestisida, masuk dalam kategori Clean Fifteen™.

Guillaume Paumier@Flickr

“Pertumbuhan produk-produk organik yang pesat dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan fakta bahwa konsumen tidak suka mengonsumsi makanan yang mengandung pestisida,” ujar Ken Cook, Presiden EWG dalam siaran persnya minggu lalu (19/6).

“Panduan belanja kami memberikan petunjuk yang mudah dan murah bagi konsumen untuk memilih dan mengonsumsi sayuran dan buah yang bergizi dan aman, bebas dari racun dan bahan-bahan kimia lain.”

Para peneliti EWG menganalisis data kandungan pestisida pada buah dan sayuran milik Badan Pangan dan Obat-Obatan Amerika (USDA dan FDA) antara tahun 2000 dan 2010. Buah dan sayur yang akan diteliti telah dicuci dan dikupas terlebih dahulu sehingga mencerminkan kondisi sebenarnya buah dan sayur yang akan dikonsumsi.

Tes USDA dan FDA pada 2010 menunjukkan, 68% sampel buah dan sayur yang diteliti, mengandung pestisida. EWG menemukan perbedaan kandungan pestisida yang signifikan antara dua kelompok makanan versi EWG yaitu Dirty Dozen Plus™ dan Clean Fifteen™.

Sebanyak 98% apel yang diteliti di Amerika mengandung pestisida. Hal yang sama juga ditemukan dalam buah blueberry yang positif mengandung 42 jenis endapan bahan kimia.

HughChevallier@Geograph.org.uk

Sebanyak 78 jenis pestisida juga ditemukan di sampel selada. Sementara di sampel anggur, peneliti menemukan 64 bahan kimia yang berbeda. Sebanyak 13 macam pestisida juga ditemukan dalam sampel buah strawberry dan seledri. Daftar lengkap ke-45 sayur dan buah yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut bisa dibaca di sini: http://www.ewg.org/foodnews/list/.

*artikel ini diambil dari Hijauku.com