Saya termasuk penggemar makanan berkuah seperti bakso dan soto. Saya dah nyoba beberapa macam soto, mulai dari soto jawa biasa, soto kemangi, soto banjar, soto banjarnegara, soto semarangan, kudus, betawi,madura, termasuk soto lamongan. Pokoknya, saya suka saingan sombong sama adik saya yang juga penyuka soto.

Soto Lamongan memang menjadi salah satu soto favorit saya. Warnanya yang cerah dengan rasa yang lebih gurih, begitu menggoda selera. Apalagi disantap dengan sambal pedas luar biasa. Hahha..bisa sweating all the time lah..

Salah satu soto lamongan yang saya refernsikan buat eaters adalah Soto Lamongan Cak Ngun dan Cak Sodik di jalan Veteran, tepatnya di depan bekas terminal lama atau XT Square. Tiap hari gak ada sepinya. Deretan kendaraan, roda dua maupun roda empat memenuhi jalan di depan warung. belum lagi pake acara antri tempat duduk juga. Hmmm…jadi tambah laper..

Beruntung, tiap kali ke sana saya gak pernah kebagian antri, alias langsung bisa tancap makan. Soto Lamongan Cak Ngun dan Cak Sodik porsinya pas. Nasi yang gak begitu banyak, irisan kol dan tauge, dan beberapa potong daging sapi. Kuahnya berwarna kuning berkaldu dengan rasa asin yang lebih dominan. Jadi, boleh tu ditambah kecap manis untuk mengurangi rasa asinnya. Soto Lamongan ini akan indah bersanding dengan lauk perkedel dan tempe goreng kering.

Soto Lamongan Jalan Veteran ini memang sudah cukup lama,jadi pelanggannya juga sangat banyak. Tidak hanya pas hari minggu, tiap pagi hari sebelum orang berangkat kerja, warung ini sudah sangat ramai orang untuk sarapan pagi. Buka dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore. Dulu warungnya kecil, tapi sekarang sudah mendingan besar. Dengan dinding bambu berjendela besar, membuat sedikit lapang. Dengan meja dan kursi kayu panjang alias dhingklik, sedikit  efisien menampung banyak orang dan tidak makan tempat.

So…silakan coba ya kalo penasaran.. Depan XT Square,Jalan Veteran Umbulharjo Yogyakarta.

[divider]