[dropcap]L[/dropcap]ama banget saya cari menu soto kudus yang bener-bener Kudus di Jogja. Ya..selama ini, banyak tempat makan yang menawarkan soto Kudus, tapi rasanya nggak seperti soto dari kota itu. Hmm…rasanya macem-macem, ada yang nyerempet aslinya, ada yang nggak kudus banget [hehehe] Tapi, pas lewat di seputaran Jalan Monjali, saya ketemu sama tempat makan yang menawarkan menu Soto Kudus. Namanya ‘Omah Kudus’.

Penasaran juga ni, pingin nyicip. Ternyata rasanya yummy, gak kalah sama yang asli. Menurut saya, ini dia soto kudus versi baru, lebih enak kali ya…hahaha.. Ciri soto kudus adalah mangkok kecil. Biasa, orang macam saya yang doyan makan akan bilang, too little and should be added again.. Ya, minimal 2 mangkok lah.. Dan yang bikin aromanya sedap adalah bawang gorengnya. Hmmm…wangi yang khas..

Menurut saya ni, soto kudus di Jogja rasanya hampir mirip dengan aslinya tapi belum bisa dikatakan sama. Serupa tapi tak sama. Nah lo, bingung? Saya juga bingung hahaha. Baiklah lupakan, mari kita kembali ke habitat. Semangkok imut isinya macam macam. Susunannya (hiyaa) adalah nasi, tauge rebus, ayam suwir, daun bawang, sledri dan paling atas ditaburi bawang goreng. Sedikit sih, mengingat mangkoknya juga cuman seemprit, hihi. Baru deh disiram kuah kaldu ayam yang sudah ditakar sesuai dengan mangkoknya. Pokoknya, serba dikit dah.

Kurang afdol jika Soto Kudus ini cuma sendirian alias nggak ada pendamping. Maksudnya, kudu ada temannya. Tapi berhubung saya kurang beruntung, Soto Kudus saya tidak ditemani sate kerang, sate usus, sate telur puyuh dan perkedel. Bahkan yang namanya tahu dan tempe juga habis. Huft… Poor I am… Tapi lumayan lah buat mengisi perut yang lapar. Dua mangkok soto ditemani kerupuk dan diakhiri dengan segelas es jeruk. Kenyang dan aman di kantong. hehe…

Sebenarnya masih ada menu lain yang nggak kalah yummy di Omah Kudus ini. Kalo Eaters pingin mencoba menu lain, saya rekomendasi menu bebek goreng khas solo, nasi pindang dan ayam goreng.

Pasti suasana makan Eaters semakin nyaman, karena di Omah Kudus ini memiliki interior sangat Njawani. Seperti rumah orang Kudus umumnya, ada gebyok dengan ukiran yang sangat khas. Penasaran..? Boleh lah mencoba Soto Kudus dan suasana Kudus di Omah Kudus Jalan Monjali. Saya tunggu ceritanya di sini.. Monggo…

[divider]