Ngomongin soal permen, pasti kepikiran yang manis-manis, yang warna-warni sekaligus yang bikin sakit gigi. Terlepas dari sakit gigi, ternyata permen ini sudah ada pada jaman Mesir kuno, kurang lebih 3500 tahun lalu. Nah, jangan dibayangin bentuknya. Konon bentuknya adalah gumpalan madu kering. Karena kebanyakan manusia menyukai rasa manis, membuat orang-orang Mesir, Arab dan Cina Kuno mulai membuat racikan manisan madu dengan berbagai rasa. Ada rasa buah-buahan sampai kacang-kacangan.

Pada perkembangannya, pembuatan permen ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan makan cokelat dari suku Indian Aztec dan Maya. Nah..ini dia jenis-jenis permen dan penemunya..

 

Image: Salvatore Vuono / FreeDigitalPhotos.net

Permen Cokelat
Pernah dengar nama Van Houten. Ya..Van Houten adalah orang yang pertama kali membuat permen coklat. Conrad J Van Houten adalah seorang Belanda yang pada tahun 1828 menciptakan permen coklat.  Van Houten memeras biji cokelat lalu dimasak dan dicampur dengan gula. Campuran ini dicetak menjadi permen.

Image: Idea go / FreeDigitalPhotos.net

Permen Karet
Pada tahun 1869, seorang Amerika bernama Thomas Adams menciptakan permen dari bahan karet. Secara tidak sengaja, Adams menemukan permen ini. Awalnya ia ingin membuat mainan dari ban sepeda, sayangnya percobaan itu selalu gagal. Saat ia memasukan karet ke dalam mulut, muncullah ide untuk menambahkan rasa pada karet itu. Akhirnya terciptalah permen karet dan dipatenkan pada tahun 1871.

 

Image: Suat Eman / FreeDigitalPhotos.net

Permen coklat susu
Pada tahun 1875, Henry Nestle, dan Daniel Peter memadukan susu dan coklat menjadi permen. Daniel Peter adalah seorang pembuat cokelat, sementara Henry Nestle adalah seorang pembuat susu kental manis. Nah..mereka inilah yang menciptakan permen susu, sekaligur mendirikan perusahaan cokelat susu pertama di dunia.

Image: nixxphotography / FreeDigitalPhotos.net

Permen Lolly Pop
Whooo…Lolly Pop.. Siapa sih yang nggak suka permen warnai-warni menggoda hati..?? Permen bertangkai ini diberi nama Lolly Pop oleh George Smith H pada tahun 1908. Lolly Pop sendiri adalah nama kuda. Tapi tidak diketahui awal dari munculnya permen lollypop ini, namun mesin pembuat permen Lolly Pop dibuat oleh seorang Amerika – Rusia bernama Samuel Born.

 

Image: Maggie Smith / FreeDigitalPhotos.net

Permen Mint
Permen Mint diciptakan oleh Clarence Crene pada tahun 1912. Permen mint sudah ada di daratan Eropa yang kebanyakan berbentuk persegi. Namun Crene membuat permen mint dengan bentuk bulat dan berlubang di tengahnya. ‘Life saver’…itulah nama awal permen ini, karena bentuknya mirip seperti pelampung atau ban penyelamat. Sekarang permen ini lebih dikenal orang dengan sebutan permen polo.

(disadur dari berbagai sumber)

Featured Image : Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net