Tidak hanya anak kecil saja yang suka permen. Permen memang digemari banyak orang dari beragam usia. Permen memang menarik, karena rasanya manis dan tampilan warna-warni yang cantik. Pasti dong tergoda untuk menikmatinya. Tapi..permen tidak hanya merusak gigi, ternyata permen juga masuk dalam golongan junk food yang miskin zat gizi.

Ada banyak jenis permen, seperti permen karet, permen jeli, permen kristal, dan masih banyak lagi. Ada juga permen cokelat atau karamel yang berbahan dasar gula yang dipanaskan sehingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Dengan bentuk yang beragam mulai bulat, lonjong, panjang, persegi sampai bentuk-bentuk lucu juga ada. Rasanya pun beragam, manis, asam, pedas dan banyak lainnya.

Berbicara tentang kalori dalam permen, dalam satu butir permen kandungan kalorinya cukup rendah, hanya sekitar 20-30 kalori. Selain kalori, sebenarnya permen sama sekali tidak ada kandungan gizinya. Nah..bayangin aja kalo kita kelebihan kalori. Kalori itu akan menjadi bertumpuk dalam bentuk cadangan lemak. Tumpukan lemak itu menjadi penyebab obesitas terutama pada anak-anak. Selain menyebabkan obesita, permen juga dituding sebagai salah satu penyebab penyakit kencing manis dan gangguan jantung.

Masih pingin sehat kan..?? Pikir-pikir lagi deh ngemil permen..!

Featured image : koratmember / FreeDigitalPhotos.net