Superfood Ekspo #4 yang diselenggarakan pada 16 hingga 20 Mei 2012 lalu memang menyajikan beberapa hal menarik, meski tidak banyak hal baru yang ditawarkan. Kalo eaters gak sempat berkunjung ke acara kuliner terbesar di jogja, ni ada sedikit cerita dari Superfood Expo #4 di Jogja Expo Center.

Aneka jenis makanan dan minuman yang menarik ada di sini. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, demikian pula untuk minumannya. Ada pula aneka kudapan lezat untuk menemani suasana sore hari sampai pilihan olahan makanan yang beraneka rasa. Sepertinya tidak salah saya menghabiskan suasana sore di hari pertama acara Superfood Expo #4 kemarin.

Berkeliling-keliling, akhirnya saya menemukan kudapan menarik, seperti olahan ubi dipadu dengan coklat dan keju yang gurih, aneka puding, gelato, yoghurt hingga keripik yang renyah menarik untuk dicoba.

Ada pula stand makanan tradisional seperti soto, bakso, nasi goreng, makanan timur tengah, ayam goreng kalasan, empek-empek, menu jamur, sampai menu makanan angkringan. Cake and bakery juga ada…Jadi sangat-sangat beraneka macam.

Nah..ada pula stand hasil produksi UKM di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mulai dari minuman herbal, aneka nugget, kopi, aneka camilan.. Hmmm..pinginnya borong semua.. Tapi dengan mencicip saja, perut saya sudah langsung penuh rasanya.

Belum lagi stand-stand bisnis franchise yang menawarkan kemudahan membuka usaha kuliner dengan modal yang terjangkau. Hmm…jadi mimpi lagi ni punya usaha kuliner..

Ada juga stand alat masak dan bahan baku yang mempermudah para pelaku usaha kuliner untuk mencari bahan baku makanan dan minuman. Ini menjadi semacam referensi yang menarik. Termasuk hasil olahan para chef yang boleh dicicip gratis.. Ya..mengenyangkan..hahaha..!!

Untuk menghibur para pengunjung, acara demo masak dari chef juga ditampilkan untuk memberikan pengetahuan dan hiburan. Yang paling asik sih,ada doorprize-nya..heheehe..

Event kuliner ini hanya menempati satu hall saja, sehingga terkesan sempit dan sumpek, mengingat pesertanya lumayan banyak. Peserta yang datang tak hanya dari Jogja saja, tetapi juga dari Semarang, Surabaya dan Jakarta. Meski terlihat banyak, namun penataan stand terkesan sempit dan semrawut. Idealnya sih memang dibuat booth khusus kuliner. Minimal ada tempat yang nyaman untuk mencicipi aneka kuliner yang disajikan oleh peserta. Intinya, dari segi kenyamanan kunjungan, saya merasa kurang nyaman, karena penataannya membingungkan.

Dari segi makanan dan minuman yang disajikan peserta, rata-rata tidak banyak perubahan, bahkan cenderung menurun dari tahun sebelumnya. Juga masalah publikasinya, sepertinya sangat kurang, sehingga tidak banyak orang yang tahu mengenai event kuliner ini.

So far… Baguslah Jogja punya event kuliner yang rutin. Tapi tahun depan musti ada peningkatan lagi, baik dari tempat, fasilitas dan juga pesertanya yang lebih variatif. Sehingga tidak terkesan biasa dan rutin. Hmm..sukses ya buat Superfood Expo #4… Kita tunggu event selanjutnya…