Travel Map di Jogja selain mengakomodir wisatawan domestic juga megakomodir kebutuhan wisatawan mancanegara. Prawirotaman adalah nama daerah sekaligus nama jalan yang letaknya di selatan Jogjakarta.

Tidak begitu jauh dari keraton dan Malioboro. Prawirotan ini memiliki pilihan hotel, motel, resto, café, bakery yang jelas memprovide travel map untuk wisatawan mancanegara. Kalau bicara mengenai kuliner di kawasan ini, 90% restoran dan café disini memiliki western menu. Masalah rasa, saya boleh bilang semua enak dengan specialisasinya masing-masing tentunya.

 

Aglioo ini resto baru milik teman saya di Prawirotaman yang rumornya di twitter dan foursquare sekarang ini jadi happening banget. Jujur saya penasaran banget.

Sore hari di selatan Jogja boleh dibilang atmosfer yang mendukung banget untuk nongkrong dan makan. Hujan dan udara dingin menggelitik saya untuk mampir di kedai pizza.

Aglioo jadi pilihan saya sore ini. Selain di tempat ini adalah milik teman saya, koki yang memasak disini memang salah satu koki favorit saya untuk menu-menu western. Nuansa homie cukup terasa disini. Dari main enterace kita akan disambut beberapa meja dan juga open kitchen. Sehingga kita dapat melihat sang koki memasak dan meramu menu hidangan disini sambil berbincang dan bersenda gurau.


 

Aglioo sendiri punya spesialisasi menu yang bercita rasa Itallia. Istilah Aglioo sendiri diambil dari bahasa slank Itali yang artinya bawang putih. Jadi jangan kaget ketika berkunjung kesini dan di depan kitchen kita akan menyaksikan segepok bawang putih yang digantung.

Disodori menu, saya lihat disini ada pilihan pasta, pizza,sup,  main course ala itallia dan juga smoothiesm juice dan light beverage yang semuanya menggiurkan. Buat yang vegetarian, tempat ini menyediakan pilihan makanan vegetarian juga.

Oke kita mulai penulusuran menu di Aglioo deh!

  • Insolata

Kalau kita familiar dengan istilah salad, Insolata juga memiliki istilah yang sama. Disini ada beberapa varian menu saladnya seperti Fresh garden salad, Caesar salad, Turkish salad, salad ala Aglioo. Harga per porsinya berkisar antara 25-32 ribu rupiah.

  • Zuppa

Untuk menyantap main course ala eropa kayanya nggak afdol kalo kita melewatkan sup sebagai menu pembukanya. Di resto ini, tersedia 4 varian menu. Untuk yang vegetarian, jangan kawatir. Disini ada Veggie soup juga. Cukup dengan 20-25 ribu rupiah saja per porsinya.

  • Contorno / Side Dish

Ketika perut kita sudang terisi penuh dan kita butuh nongkrong atau meet up sama rekan dan kerabat, kita sering banget mengalami kepanikan karena binggung mau mesen apa? Nah, Aglioo punya beberapa varian menu yang cocok banget dipesan. Ada garlic bread, bruchetta, potato wedges, dan banyak lagi. Pasti penasaran kan? Hehe. 14-20 ribu rupiah saja  untuk side dish yang oke banget.

 

  •  Pasta Dishes “ La pasta”

Sebagai resto bercita rasa Itallia, pastinya menu pasta jadi menu yang tidak boleh dilewatkan pastinya. Dengan 3 pilihan pasta dan 6 pilihan saucenya. Spagetti, Penne, Fettucine adalah pilihan pasta yang dapat dipesan disini. Untuk sauce-nya kita disediakan 6 varian, yaitu Napolitana, Bolognaise, Carbonara, Gamberi, Ala Aglioo dan Tuna. Bagi pengunjung vegetarian, juga disediakan pilihan sauce Aglioo olio dan Siciliana. Harga per porsinya cukup variatif juga yaitu berkisar antara 32-38 ribu rupiah.

  • Lasagna

Terdapat 4 pilihan varian lasagna disini. Harga per porsinya adalah 35-40 ribu rupiah.

  • Pizzas la Pizza

Pizza juga salah satu makanan yang menjadi menu wajib untuk resto Itali setelah menu pasta. Dengan 16 varian menu yang disediakan disini seperti Al Tonno, Aussie, Marinara, Formagio, Aglioo, dll. Dan istimewanya disini, kita juga dapat memesan our own pizza dengan pilihan topping yang tersedia. Harga per pannya adalah 38 – 40 ribu rupiah.

  • Main Course

Menu utama di Aglioo resto ini adalah Chicken, Duck, dan Tuna. Tersedia beberapa varian menu seperti Chicken Marryland, Duck Leg Ala Aglioo dan Pan Grilled Tuna Steak dengan harga per porsinya yang berkisar antara 35-90 ribu rupiah per porsi.

  •  Desert

Beberapa varian ice cream tersedia disini dengan pilihan topping seperti fruit, Gellato dan Lava. Harganya berkisar antara 25-30 ribu rupiah per porsi.

  • Fresh Fruit / Juice

16 varian juice buah dan sayuran tersedia disini seperti guava, banana, strawberry dan juga brokoli. Harga per gelasnya berkisar antara 8-15ribu rupiah.

  • Light Drink

Beer, Softdrink, soda sampai wedang uwuh khas jogja tersedia disini untuk pilihan menu beveragenya.

 

Pizza Formagio

Setelah melihat pilihan menu yang tersedia, saya tertarik untuk memesan 1 pan pizza formagio dan satu botol beer bintang large. Pizza Formagio sebenarnya bukan menu yang baru untuk resto pizza tradisional Italia. Formagio artinya keju. Di menu ini kita akan ditawari untuk memilih 4 jenis keju yang akan menjadi topping pizzanya. Saus tomat dan rempah-rempah menjadi pelengkap cita rasa pizza formagio ini.

Dengan roti gandum yang tipis dan dipanggang dengan tungku kayu tradisional dan bukan oven untuk memanggang pizzanya. Rasa yang dihasilkan memang sangat khas dan berbeda. Rotinya akan cenderung crispy dan crunchy, Kejunya dapat meleleh dan menyatu dengan bumbu rempah dan saus tomatnya dengan sangat baik. Dengan 4 jenis keju sebagai toppingnya, tentu saja pilihan formagio pizza ini sangat cocok bagi penyuka makanan gurih dan asin.

 

Chicken Marryland

Melihat pilihan main course yang dituliskan di atas kitchen, membuat saya penasaran untuk mencoba salah satunya. Sebagai penyuka daging ayam, saya memutuskan untuk mencoba Chicken Marryland.

Setelah pesanan saya datang, kesan pertama yang muncul adalah porsi yang benar-benar besar,hehe.

Disajikan dengan piring yang cukup besar, didalamnya disajikan mashed potatoes, lettuce dan daging ayam. Daging ayam ini berbentuk roll dan didalamnya diselipkan melted cheese. Menu ini cukup mengingatkan kita dengan chicken mozzarella. Perbedaannya adalah daging ayam disini di gorenag secara original tanpa tepung dan menggunakan minyak zaitun.

Bicara soal rasa, selain daging yang sangat empuk dan gurih meskipun sangat minim oleh bumbu, kita akan benar-benar menyantap rasa daging ayam yang original. Disetiap gigitannya kita akan dimanjakan dengan keju yang meleleh.

Dengan porsi yang terbilang besar, saya boleh sarankan, kosongkan perut 8 jam sebelum menyantap menu yang satu  ini. Terlalu banyak untuk porsi gadis jawa dan terlalu enak tidak diselesaikan sampai suapan terakhir.

[divider]